Berita Militer

Himbauan Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama dengan Media Konvensional

Himbauan Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama dengan Media Konvensional

Tribratanews – Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama dengan Media Konvensional , Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh Kepala Bidang (Kabid) Humas di seluruh Indonesia bekerjasama dengan media konvensional atau media arus utama.

Hal itu disampaikan usai Kapolri membuka Rapat Konsolidasi dan Anev Tim Multimedia Humas Polri Tahun 2018. Kegiatan ini diikuti Kabid Humas dan perwira multimedia seluruh polda se-Indonesia.

“Lakukan kerjasama baik formal maupun informal di media konvensional,” kata Tito kepada seluruh peserta rapat di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (17/12).

Praktik merangkul media, dikatakan Tito, bisa dengan kegiatan informal seperti jamuan makan, forum diskusi atau kegiatan di luar markas. Hal itu bertujuan agar media massa dapat membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan stabilitas keamanan di tengah masyarakat.

“Ngobrol, diskusi, makan sama-sama atau kegiatan outdoor dengan teman-teman media dilakukan, sehingga terbangun satu kesamaan pandangan jika berbicara kepentingan bangsa dan negara dan stabilitas keamanan. Ini hanya bisa diwujudkan melalui komunikasi antara humas dengan media,” papar Tito dalam sambutannya.

Tito menuturkan, saat ini kategori media terbagi menjadi dua, yakni konvensional dan sosial. Oleh karena itu polri di bidang humas perlu mengerti media konvesional akan mengejar eksklusivitas demi menaikan audience dan rating yang tinggi.

“Semua media mengejar exclusive news karena dengan exclusive news mendatangkan audience dan rating,” imbuh Tito.

Selain itu, seorang polisi yang bertugas di bidang humas perlu juga peka terhadap produk-produk berita media konvensional yang terindikasi menimbulkan keresahan di masyarakat atau bersifat provokatif.

“Perlu dilihat juga kalau berita yang dimunculkan oleh teman-teman media atas nama exclusive, profit dan rating tapi berakibat pada keresahan publik atau provokatif,” tutur Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga berharap polri di humas harus merangkul komunitas citizen journalism yang aktif di media sosial. Tito menerangkan jika media konvensional memiliki struktur kepemimpinan, maka media sosial lebih dinamis karena tak memiliki struktur tersebut.

“Rangkul citizen journalism di media sosial. Dalam media konvensional dikenal ada reporter, koordinator liputan, pemred, pemilik media,” ujar Tito.

“Kalau media sosial, setiap orang bisa jadi reporter, koordinator liputan, redaktur, pemred sekaligus pemilik media. Tiap orang yang memiliki akses sosial media, dia menjadi citizen jurnalism,” tambah Tito.

 

DIlansir dari AKURAT.CO,

Berita Militer
author
Author: 
    Polda Sumut Bidik Potensi Kebocoran PAD Kota Medan
    Polda Sumut Bidik Potensi Kebocoran PAD Kota Medan
    Tribratanews.web.id – Medan. Potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD)
    Polisi Temukan Akun Instagram yang Diduga Lakukan Penjualan Gadis di Jawa Timur
    Polisi Temukan Akun Instagram yang Diduga Lakukan Penjualan Gadis di Jawa Timur
    Tribratanews.polri.go.id. – Surabaya. Tim Siber Polrestabes Surabaya berhasil temukan
    Tidak Ada Arti Keberhasilan Bila Mengoyak Soliditas TNI-Polri
    Tidak Ada Arti Keberhasilan Bila Mengoyak Soliditas TNI-Polri
    Seperti dilansir dari Berita Militer – Kapolda
    Sertijab Pangdam IV Diponegoro dan beberapa Sertijab TNI Angkatan Darat
    Sertijab Pangdam IV Diponegoro dan beberapa Sertijab TNI Angkatan Darat
    Dilansir dari Berita Militer Indonesia, Sertijab Pangdam

    Top