Berita Militer

Tidak Ada Arti Keberhasilan Bila Mengoyak Soliditas TNI-Polri

In Berita Terbaru 71 views

Seperti dilansir dari Berita MiliterKapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto melakukan pencopotan terhadap 17 personel Satres Narkoba Polrestabes Medan atas dugaan penyebar video penangkapan bandar narkoba yang melibatkan oknum TNI ke media sosial (Medsos). Ke 17 personel yang dicopot itu, terdiri dari 3 perwira dan selebihnya berpangkat brigadir.

“Iya, personel yang menangkap kasus narkoba dengan barang bukti 4 kg sabu sudah saya mutasikan ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda karena mereka dianggap tidak mematuhi SOP yang ada,” ungkap Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Rabu (12/12/2018).

Disinggung mengenai siapa saja personil yang dimutasi, jenderal bintang dua ini mempersilahan agar wartawan menanyakannya kepada Kabid Humas Polda Sumut. Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengaku belum mengetahui siapa saja yang dimutasi terkait kasus viralnya penangkapan narkoba yang melibatkan oknum TNI.

Dari ke 17 personel ini, tiga di antaranya Perwira Menengah (Pamen).

Mereka personel diduga terlibat dalam perekaman dan penyebaran video yang sempat viral di media sosial dan YouTube. Video tersebut terkait dengan penangkapan narkotika jenis sabu-sabu yang dilakukan sejumlah personel Satuan Narkoba Polrestabes Medan di Jalan Lintas Tanjungmorawa, Sumatera Utara.

Kapoolda Agus Andrianto menyatakan, di antara mereka yang menangkap itulah yang menguraikan video tersebut.

“Jadi saya copot dan mutasikan dari personel Sat Res Narkoba menjadi Yanma Polda Sumut,” katanya saat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (12/12/2018) sekitar pukul 20.42 WIB.

Ia mengaku melakukan tindakan tegas kepada 17 personel tersebut karena sudah melakukan pelanggaran terhadap SOP dan melanggar disiplin.

“Soliditas TNI-Polri lebih penting untuk NKRI daripada kepentingan apapun. Tidak ada arti keberhasilan bila mengoyak soliditas yang sudah dibangun dan dicontohkan oleh Panglima TNI dan Kapolri,”jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya sudah perintahkan Bid Propam Polda Sumut untuk memeriksa 17 anggota dan tiga perwira yang terlibat dalam penangkapan di jalan lintas Tanjungmorawa.

“Saat ini mereka sedang diperiksa propam dan kita tunggu hasil pemeriksaan dari propam,” ujarnya.

Namun ia menjelaskan, ada 17 personil Sat Res Narkoba, 3 diantaranya berpangkat perwira dicopot Kapolda. “Kapolda sudah perintahkan Bid Propam Polda Sumut untuk memeriksa 17 anggota personil Satres Narkoba Polrestabes Medan,” katanya. Saat ini lanjutnya, 17 personil Satres Narkoba Polrestabes Medan masih menjalani pemeriksaan di Bid Propam Polda. “Jadi kita tunggu hasil pemeriksaannya di Bid Propam Polda,” jelasnya.

Seperti diketahui, Unit II Satres Narkoba Polrestabes Medan melakukan penangkapan terhadap 4 kg narkotika jenis sabu di kawasan Tanjung Morawa, Senin (10/12/2018). Dalam penangkapan itu, seorang oknum TNI JT (28), warga Asmil 125 Simbisa, Kompi Balige diamankan bersama rekannya IA (29) warga Jalan Melati, Gang Arjuna, Aek Kanopan, dan BH (34) warga Jl. Puri, Gang Seni Kota Matsum.

Pada saat tim Satres Narkoba Polrestabes Medan menangkap ketiganya, personil Sat Resnarkoba Polrestabes Medan memviralkan penangkapan tersebut berbentuk video ke medsos. Karenanya selanjutnya, Kapolda langsung mengambil tindakan. (DYK)

Berita Militer

Tags: #kapolda sumatra utara

author
Author: 
    Himbauan Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama dengan Media Konvensional
    Himbauan Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama dengan Media Konvensional
    Tribratanews – Kapolri Minta Seluruh Humas Kerjasama
    Polda Sumut Bidik Potensi Kebocoran PAD Kota Medan
    Polda Sumut Bidik Potensi Kebocoran PAD Kota Medan
    Tribratanews.web.id – Medan. Potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD)
    Polisi Temukan Akun Instagram yang Diduga Lakukan Penjualan Gadis di Jawa Timur
    Polisi Temukan Akun Instagram yang Diduga Lakukan Penjualan Gadis di Jawa Timur
    Tribratanews.polri.go.id. – Surabaya. Tim Siber Polrestabes Surabaya berhasil temukan
    Sertijab Pangdam IV Diponegoro dan beberapa Sertijab TNI Angkatan Darat
    Sertijab Pangdam IV Diponegoro dan beberapa Sertijab TNI Angkatan Darat
    Dilansir dari Berita Militer Indonesia, Sertijab Pangdam

    Top